Hei Kamu yang Kucinta, Cintailah Dirimu Sendiri

Dipublikasikan: 11 November 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Puisi, Sastra

cintailah dirimu sendiri

Kamu tahu apa yang membuatmu beda daripada orang lain? Kepribadianmu. Kamu begitu unik, menggemaskan, dan menarik. Sehingga, sangat sulit menahan diri untuk berinteraksi denganmu. Aku tidak peduli dengan masa lalumu, keburukanmu, ataupun hal-hal yang kamu tutup-tutupi dariku. Kamu yang paling mengerti dirimu sendiri. Kamu bebas mempertimbangkan segala hal sebelum bertindak menggunakan akal dan hatimu. Kamu ya Kamu. Dan aku hanyalah orang yang mencintaimu, tanpa memerhitungkan sisi negatifmu dan tanpa memedulikan apapun keputusanmu, selama itu benar-benar asli dirimu tanpa drama dan rekayasa sedikitpun.

Kamu adalah orang yang aku cintai. Aku pasti akan sangat marah jika kamu membenci dirimu sendiri. Aku akan kecewa jika kamu menutup-nutupi kepribadianmu yang unik dan berlagak menjadi orang lain yang entah siapa dan apa bagusnya dia. Ingatlah bahwa di sini ada orang yang mencintaimu. Bahkan, mungkin tidak hanya aku yang mencintaimu. Oleh karena itu, ingatlah bahwa ada yang akan tersakiti jika kamu membenci dirimu sendiri dan berusaha menjadi orang lain. Orang yang mencintaimu selalu ingin kamu tampil adanya, tanpa mengenakan topeng dengan warna dan hiasan apapun.

Aku, dan mungkin orang-orang yang mencintaimu mengetahui bahwa ada bakat yang sangat hebat dalam dirimu. Kamu tidak bisa melihatnya karena terlalu larut dalam perasaan benci kepada diri sendiri. Jika kamu bilang “sok tahu! Tadi katanya aku yang paling mengerti diri sendiri,” aku akan menjawab “bodoh! Ya benar kamu yang paling mengerti diri sendiri, tetapi hanya dalam batasan tertentu. Perasaan benci membuat pikiranmu bias, sehingga tidak bisa memersepsi diri secara objektif, setidaknya lebih objektif dari kami. Kami mencintaimu. Kamu selalu memerhatikanmu. Sehingga, kamu tahu apa saja talenta-talenta yang terpendam dalam dirimu. Percayalah kepada kami, sebagai orang yang mencintaimu. Berusahalah percaya kepada dirimu sendiri, demi kebaikan dirimu. Kami orang yang mencintaimu akan sangat sedih jika kamu terlarut dalam benci kepada dirimu sendiri. Jika kamu membutuhkan bantuan, jangan sungkan menghubungi kami. Kapanpun dan di manapun kamu berada, detik itu jika kami akan terbang menuju tempatmu, lalu menolongmu”

Tags: , , ,