7 Bahasa Tubuh Orang yang Tertarik Kepadamu!

Dipublikasikan: 30 September 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Psikologi

tertarikSetelah membaca dan mempraktikkan 4 Faktor yang Memengaruhi Daya Tarik Seseorang, sebaiknya kita perlu memverifikasi apakah seseorang benar-benar tertarik kepada kita atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Albert Mehrabian, Profesor Emeritus Psikologi di University of California, Los Angeles (1971) menyatakan bahwa dalam komunikasi, bahasa tubuh memiliki peranan yang paling besar (55%) dibandingkan dengan nada suara (38%) dan kata-kata yang diucapkan (7%). Di samping itu, bahasa non-verbal (bahasa tubuh) adalah bahasa yang paling sulit untuk direkayasa jika dibandingkan dengan bahasa verbal (nada dan kata-kata yang diucapkan) karena bahasa non-verbal seringkali dilakukan seseorang tanpa disadari, bahkan meskipun seseorang adalah orang yang pandai dalam menyembunyikan bahasa tubuhnya. Ketika seseorang berusaha menyembunyikan bahasa tubuhnya, secara fisiologis tubuh akan membuat reaksi yang memicunya untuk melakukan bahasa tubuh tertentu yang pasti akan dilakukannya secara tidak sadar (Ayogya, 2013). Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apakah seseorang benar-benar tertarik kepada kita atau tidak melalui bahasa tubuhnya. Berikut adalah 7 Bahasa Tubuh Orang yang Tertarik Kepadamu! yang disarikan dari beberapa sumber dan ilmu pribadi yang dimiliki penulis

1. Tangan di Depan Dada yang Diikuti dengan Ekspresi Wajah Bahagia

Tangan di depan dada menunjukkan adanya keterlibatan afeksi (perasaan) yang kuat dalam proses komunikasi. Apakah afeksi tersebut positif atau negatif dapat teridentifikasi lebih lanjut dari ekspresi wajah yang ditimbulkan. Keterlibatan afeksi ketika komunikasi dapat terjadi baik ketika berbicara maupun mendengarkan. Misalnya ketika seseorang mendeskripsikan dirimu di hadapanmu, orang yang tulus dalam penyampaiannya akan cenderung menaruh tangan di depan dadanya sambil mendeskripsikan tentang dirimu. Misalnya lagi ketika ksmu mendeskripsikan seseorang di hadapannya, orang yang bahagia atas apa yang kamu deskripsikan tentangnya akan cenderung menaruh tangannya di depan dadanya ketika atau setelah mendengarkan deskripsimu.

2. Badan Condong ke Arahmu

Badan yang condong ke arahmu apalagi jika diikuti dengan jarak antar tubuh yang dekat menunjukkan ketertarikan dengan apa yang kita sampaikan. Misalnya pada saat kamu melakukan self-disclosure (pengungkapan diri) kepada lawan bicara, jika lawan bicara tertarik kepada hal-hal tentang dirimu, maka kemungkinan besar badannya akan condong ke arahmu ketika mendengarkan apa yang kamu ceritakan.

3. Menunjukmu Menggunakan Kaki

Menunjuk dengan kaki yang dimaksud cukup dengan satu kaki, tidak harus kedua kakinya. Hal ini biasanya terjadi ketika sekelompok orang sedang berkumpul sambil berdiri. Ketika seseorang menunjukmu menggunakan kakinya, itu berarti ada hal baik yang sedang dipikirkannya tentangmu. Misalnya ketika sedang berdebat dalam diskusi kelompok, orang yang sependapat dengan kita kemungkinan besar akan menunjukmu menggunakan kakinya.

4. Memperbaiki Penampilan

(Merapikan baju, merapikan rambut, merapikan kerudung, dsb)

Orang yang memperbaiki penampilannya ketika berada di dekatmu cenderung menunjukkan bahwa dirinya ingin tampil semenarik mungkin di hadapanmu yang kemungkinan besar membuktikan bahwa dirinya tertarik kepadamu. Misalnya, ketika kita sedang mengobrol dengan lawan jenis yang tertarik kepada kita, lawan jenis tersebut pun kemungkinan besar akan sesekali merapikan rambutnya. Meskipun dia adalah wanita yang mengenakan kerudung, kemungkinan besar dia akan sesekali merapikan kerudungnya. Padahal, baik rambut maupun kerudungnya dalam keadaan yang tidak berantakan.

5. Kombinasi Tatapan dan Perubahan Pupil Mata

Ketika seseorang tertarik kepada kita, orang tersebut akan cenderung menatap kita lebih lama dari biasanya. Hal ini terjadi karena ada keegganan baginya untuk memalingkan pandangannya terhadap kita –karena kita tampil menarik– yang biasanya diikuti oleh perubahan pupil mata yang membesar, otot pinggir bibir tertarik ke atas, dan bibir menjadi sedikit terbuka (Ayogya, 2013). 

6. Menelengkan Kepala

Gerakan tubuh ini biasanya ditunjukkan ketika sedang membicarakan hal pribadi (Ayogya, 2013). Tidak mungkin pembicaraan menuju hal yang pribadi jika seseorang tidak tertarik terhadap lawan bicaranya.

7. Tatapan yang Sesekali Melihat Kita

Gerakan tubuh ini dapat diidentifikasi ketika kita berada di tengah-tengah keramaian –misalnya, kantor, sekolah, kampus, mall, jalanan umum, dsb. Orang yang tertarik kepada kita cenderung akan sesekali melirik kita karena penampilan kita yang menarik.

Demikianlah 7 Bahasa Tubuh Orang yang Tertarik Kepadamu! yang diharapkan dapat dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, perlu disadari bahwa arti dari bahasa-bahasa tubuh di atas bukanlah hal yang mutlak kebenarannya. Ada banyak faktor yang membuat seseorang melakukan gerakan-gerakan tubuh di atas tanpa harus tertarik kepadamu.

Daftar Pustaka

Ayogya, B. W. (2013). 2 Menit Membaca Pikiran Orang. Yogyakarta: Buku Pintar.

Mehrabian, A. (1971). Silent Messages. Belmont: Wadsworth Publishing Company, Inc.

 

Tags: , , , ,