6 Bentuk / Jenis / Tipe Cinta kepada Orang Lain

Dipublikasikan: 18 October 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Psikologi

bentuk cinta

Cinta adalah perasaan berupa kasih sayang kepada orang lain kita sayang dan memiliki hubungan dengan kita. Perasaan tersebut memiliki bentuk yang bermacam-macam tergantung dari individu, jenis hubungan, dan kedekatan hubungannya. John Alan Lee (1973) seorang ahli psikologi dan sosiologi menjelaskan bahwa terdapat enam bentuk cinta, yaitu eros, storge, ludus, mania, agape, dan pragma. Keenam nama tersebut diambil dari nama-nama dewa Yunani yang mendeskripsikan karakter dari masing-masing cinta itu sendiri (Wikipedia, 2017)

Dengan mengetahui yang manakah bentuk cinta kita kepada orang lain, kita bisa menyesuaikan, mengevaluasi, dan mengembangkan perasaan dan hubungan kita dengan orang lain. Selain itu, kita pun dapat lebih mengenal diri sendiri tentang gaya cinta manakah yang kita miliki. Berikut adalah 6 Bentuk / Jenis / Tipe Cinta kepada Orang Lain

1. Eros

Eros adalah bentuk cinta yang penuh gairah, intens, dan bergerak cepat yang tidak hanya berupa gairah seksual, tetapi juga bisa dalam bentuk spiritual, intelektual, dan emosional (Wood, 2008). Seringkali orang-orang mengartikan eros hanya dalam bentuk gairah seksual, padahal sebenarnya tidak demikian. Orang yang memiliki bentuk cinta ini selalu merasa ingin membagikan (sharing) segala hal tentang dirinya dan mengetahui segala hal tentang orang yang dicintainya (Wikipedia, 2017). 

2. Storge

Storge adalah bentuk cinta yang nyaman (comfortable),  cinta persahabatan, yang berkembang secara gradual untuk membangun hubungan yang stabil (Wood, 2008). Bentuk cinta ini tidak terpaku pada gairah seksual, tetapi lebih menekankan kepada kualitas atau keintiman dari hubungan itu sendiri. Biasanya, hubungan ini terjadi pada hubungan antar keluarga atau saudara garis keturunan (Wikipedia, 2017).

3. Ludus

Ludus adalah bentuk cinta permainan, bisa juga berarti bentuk cinta yang manipulatif (Wood, 2008). Bagi orang yang memiliki bentuk cinta ini, cinta adalah tantangan, puzzle, dan permainan untuk dinikmati (“dibawa asik”), bukan untuk mengarah pada komitmen (Wood, 2008) serta tidak terlalu memedulikan apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh orang yang dicintainya (Wikipedia, 2017). 

4. Mania

Mania adalah bentuk cinta yang ditandai dengan rasa emosional yang ekstrem (Wood, 2008). Orang yang memiliki bentuk cinta ini seringkali insecure tentang nilai-nilai dan komitmen dari pasangannya (Wood, 2008). Selain itu, orang yang memiliki bentuk cinta ini juga menginginkan pasangannya selalu ada untuknya dan tidak ingin pasangannya dimiliki oleh orang lain.

5. Agape

Agape disebut juga bentuk cinta yang paling murni (Wikipedia, 2017) karena bentuk cinta ini menganggap bahwa kebahagiaan yang dari orang yang dicintainya adalah hal yang terpenting (Wood, 2008). Biasanya, orang yang memiliki bentuk cinta ini adalah orang yang murah hati (generous), altruis, dan sangat setia terhadap pasangannya (Wood, 2008). Bahkan, dia tidak segan untuk memaafkan kesalahan besar dan berkorban demi pasangannya (Wikipedia, 2017)

6. Pragma

Pragma adalah bentuk cinta yang pragmatis dan beroritentasi pada tujuan hubungan itu sendiri (Wood, 2008). Orang yang memiliki bentuk cinta ini memilih pasangannya berdasarkan alasan dan pertimbangan praktis. (Wood, 2008). Selain itu, dia juga sangat ingin bekerja bersama pasangannya untuk memperoleh suatu hal (Wikipedia, 2017)

Demikianlah penjelasan singkat mengenai 6 Bentuk / Tipe / Jenis Cinta kepada Orang Lain. Perlu diketahui bahwa seseorang bisa saja tidak hanya memiliki satu jenis cinta dalam dirinya, tetapi memiliki kecenderungan lebih pada salah satu bentuk cinta di atas. Setelah membaca artikel ini, manakah bentuk cinta yang paling dominan dalam dirimu?

Bibliography

Lee, J. A. (1973). Colours of love: An exploration of the ways of loving. Toronto: New Press.

Wikipedia. (2017). Color wheel theory of love. Diakses pada 17 Oktober, 2017, dari Wikipedia: https://en.wikipedia.org/wiki/Color_wheel_theory_of_love

Wood, J. T. (2008). Communication in Our Lives (5th ed.). Boston: Cengage Learning.

Tags: , , ,