5 Tahap Kedekatan dalam Hubungan Pertemanan

Dipublikasikan: 19 October 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Psikologi

friendship

Setiap manusia sebagai makhluk sosial tentunya memiliki teman dalam hidupnya. Pertemanan tersebut memiliki tingkatan yang bermacam-macam, mulai tidak dekat hingga sangat dekat. Namun, tidak semua orang mengetahui dan memahami apa yang dimaksud dengan tidak dekat atau sangat dekat. Oleh karena itu, artikel 5 Tahap Kedekatan dalam Hubungan Pertemanan ini akan menjabarkan seara rinci tentang tahapan-tahapan pertemanan.

1. Berusaha Mengenal (Kenalan)

Tahap ini terjadi pada saat seseorang pertama kali bertemu dengan calon temannya. Pada tahap ini, individu akan berusaha mengetahui sifat-sifat dasar dari calon temannya, dengan cara mencari tahu informasi-informasi tentang calon temannya untuk membentuk frame tentang karakter dari calon temannya dalam pikiran (Sederhananya, untuk berpikir “seperti apa sih dia orangnya” terhadap calon teman).

2. Saling Mengenal

Setelah sukses membentuk frame karakter dari calon temannya dalam pikiran, individu telah bisa mengetahui dan mengerti sifat-sifat dari temannya. Pada tahap ini, individu akan menyeleksi apakah temannya cocok dengan dirinya untuk membangun pertemanan yang lebih dekat.

3. Saling Mengenal Lebih Dekat (Teman)

Tidak hanya sekadar mengetahui dan mengerti, tetapi individu telah bisa menerima sifat-sifat dari temannya. Oleh karena telah terjadi kecocokan yang cukup antara individu dan calon temannya, individu akan merasa nyaman untuk melakukan aktivitas-aktivitas ringan bersama temannya seperti makan dan menjalani hobi bersama.

4. Saling Menjaga Perasaan

Pada tahap ini, setelah menghabiskan waktu bersama dengan temannya, individu merasa ada kejenuhan dari hubungan interpersonal mereka. Individu mulai merasa masih ada jarak antara hubungannya dengan temannya. Oleh karena itu, individu merasa ingin lebih dekat dan lebih tahu tentang hal-hal yang pribadi dari temannya yang sebelumnya belum pernah ia ketahui.

5. Saling Mengenal Secara Emosional (Sahabat)

Tahap inilah yang biasanya disebut oleh orang-orang sebagai sahabat, yaitu tahap tertinggi dalam hubungan pertemanan. Pada tahap ini, ketegangan yang dialami pada tahap 4 sudah mulai mereda. Individu telah merasa bahwa dirinya dengan sahabatnya adalah sebuah kesatuan. Individu pun telah lebih bisa menerima sifat-sifat dari sahabatnya baik yang berupa kelebihan maupun kekurangan secara lebih mendalam. Bahkan segala sesuatu baik itu kebaikan maupun keburukan yang menimpa sahabatnya akan memengaruhi individu tersebut seolah-olah dia juga merasakannya. Selain itu, perilaku-perilaku dari sahabatnya akan dianggap menarik oleh individu. Sehingga secara tidak sadar, perilaku-perilaku tersebut akan terinternalisasi dalam diri individu dan ikut diterapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, inilah 5 Tahap Kedekatan dalam Hubungan Pertemanan. Setelah membaca artikel ini, tentunya kita menjadi lebih mengetahui tentang tahapan-tahapan dari pertemanan itu. Selain itu, kita pun mulai berpikir “sudah berada pada tahap manakah hubunganku dengan temanku?”

Credit Image

Tags: , , , ,