4 Cara Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya

Dipublikasikan: 9 November 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Umum

mencintai diri

Mencintai diri adalah hal yang penting karena setiap orang hidup dalam tubuhnya sendiri. Mengendalikan dan merawat tubuh sendiri, serta membuat keputusan dengan akal dan hati (feeling) sendiri. Tidak ada orang yang memedulikanmu selain dirimu sendiri dan orang-orang yang mencintaimu dengan sungguh-sungguh.

Seseorang yang mencintai diri sendiri memiliki banyak citra positif terhadap dirinya sendiri. Dia akan lebih memiliki rasa percaya diri dan efikasi diri (memerkirakan kesuksesan dalam melakukan sesuatu dengan memertimbangkan kemampuan diri) yang tinggi. Bahkan, ada pepatah kuno yang mengatakan bahwa: “tidak ada yang akan mencintaimu jika kamu tidak mencintai dirimu sendiri.”. Masih banyak manfaat psikologis ataupun fisiologis yang tidak bisa dijabarkan pada artikel ini secara mendetail. Untuk memeroleh manfaat tersebut, tentunya kita harus menerapkan cara mencintai diri sendiri. Berikut adalah 4 Cara Mencintai Diri Sendiri:

1. Menerima dan Memahami Diri Sendiri Apa Adanya

Seseorang yang mencintai dirinya sendiri adalah orang yang menerima dirinya sendiri apa adanya. Dia menerima apapun kekurangan dan kelebihan yang ada dalam dirinya. Dia menerima bentuk kepribadian apapun yang ada dalam dirinya. Dia melakukan sesuatu dengan memertimbangkan kepribadian, kekurangan, dan kelebihan yang ada dalam dirinya. Bahkan, dia adalah selalu yang selalu memelajari dirinya sendiri, sehingga semakin mengenal dan memahami dirinya sendiri apa adanya.

2. Menghargai Apa yang Telah Dilakukan Diri Sendiri

Seseorang yang mencintai dirinya sendiri selalu menghargai apapun yang telah dilakukan oleh dirinya. Dia memahami betul dampak positif dan negatif dari perbuatannya. Dia selalu berorientasi pada masa depan, sehingga selalu melakukan segala sesutu dengan mengerahkan seluruh potensi yang ada dalam dirinya.

3. Meluangkan Waktu Untuk Melakukan Hobi

Hati adalah inti dari jiwa manusia, dan salah satu yang menjadi pembeda antar individu. Hobi adalah sesuatu yang berasal dari hati manusia. Dengan meluangkan waktu untuk memuaskan dorongan dalam hati yang berupa hobi, dia akan semakin sadar bahwa dirinya adalah makhluk yang unik (tidak ada satupun manusia yang menyerupai dirinya). Sehingga, dia akan semakin mencintai dirinya sendiri.

4. Memilih Teman yang Mencintai Dirimu Apa Adanya

Seseorang yang mencintai dirinya sendiri memiliki teman yang mencintai dirinya apa adanya. Dengan dicintai oleh teman-temannya, dia akan semakin merasa bahwa keberadaan dirinya adalah hal yang berarti, sehingga semakin mencintai diri sendiri pula. “Memilih” pada poin ini bukan berarti menjauhi dia yang tidak mencintaimu dan mendekati dia yang mencintaimu. “Memilih” pada poin ini berarti menentukan sendiri mana orang yang berhak dekat dengan kita dan mengatur jarak relasi dengan orang yang kurang berhak dekat dengan kita. Tidak megatur orang yang berhak dekat dengan kita akan menyebabkan kita semakin tidak mencintai dirinya sendiri karena belum tentu orang tersebut akan menghargai diri kita dengan seutuhnya.

Demikianlah 4 Cara Mencintai Diri Sendiri Apa Adanya. Mencintai diri sendiri membuat hidup menjadi lebih indah. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan cara-cara dalam artikel ini untuk mencintai diri sendiri apa adanya. Sudahkah kamu mencintai dirimu sendiri? Sudahkah kamu merasakan dampak-dampak positif dari mencintai diri sendiri?

Tags: , , , ,