6 Alasan kamu perlu meluangkan waktu untuk ‘me time’

Dipublikasikan: 8 November 2017
Oleh: Heidychan
Kategori: Umum

Kita sebagai manusia tentunya memiliki banyak kegiatan untuk menjalani kehidupan, seperti menuntut ilmu (bersekolah atau kuliah), bekerja dan berwirausaha untuk meningkatkan taraf hidup keluarga, mengurus rumah tangga dan lain sebagainya. Dalam kesibukan yang kamu geluti, sekalipun hal yang amat kalian sukai, misalnya bersekolah/kuliah dan bekerja sesuai dengan passion-nya atau apapun itu, tentunya kalian akan merasa dimana mencapai titik bosan saat kalian melakukan kegiatan tersebut. Apalagi kalau hal yang kamu lakukan bersifat monoton, menuntut target, deadline, dan memegang tugas penting yang menuntut kepentingan orang banyak. Sekalipun kalian yang amat menikmati dan tenggelam dengan aktivitas tersebut, penting sekali meluangkan waktu ‘me time‘. Hal-hal yang kalian lakukan dalam menikmati ‘me-time‘, bisa dengan melakukan hal yang kalian sukai secara sendiri, mengeluti hobbi, jalan-jalan ke tempat-tempat yang kalian sukai seorang diri, atau menikmati kesendirian dirumah dengan melakukan hobbi yang disukai atau sedang ingin kalian tekuni. Berikut beberapa alasan pentingnya kamu harus meluangkan waktu untuk melakukan ‘me time‘:

1. Me-review ulang hal yang telah kamu lakukan

Dalam melakukan rutinitas yang kita lakukan, seringkali kita melakukannya hanya sekedar untuk melakukannya saja, demi menjalani tuntutan hidup dan memenuhi kewajiban hidup. Tanpa berpikir dua-kali apa yang sebenarnya kita lakukan. Dengan kamu melakukan me-time, itu akan membuatmu meluangkan waktu untuk berpikir, apakah aktivitasmu menunjang softskill yang kamu  butuhkan selama ini? Selain itu dengan ‘me time‘ dapat membantumu untuk berintrospeksi dan mengasah kemampuan intrapersonal dirimu, yakni dengan meninjau perbuatan kita dan reaksi hati nurani kita. Sesungguhnya interaksi dilakukan tidak hanya untuk orang lain dan makhluk hidup ciptaan Tuhan saja, melainkan juga dengan nurani, guna memahami diri pribadi.

2. Mengkaji apa yang sebenarnya kamu inginkan

Setiap orang punya impian, cita-cita, dan tujuan-tujuan hidup yang ingin dicapai. Dengan ‘me time’, kita dapat mengkaji kembali, apakah aktivitas yang telah kita lakukan selama ini mengarah ke hal-hal yang kamu inginkan? Pencapaian apa saja yang sudah telah kamu lakukan dan akan kamu lakukan kedepannya, guna mewujudkan tujuan hidupmu. Dengan sambil refreshing dirumah, membaca buku, mendengarkan musik, blogging atau melakukan hobi-mu, kamu bisa sambil berpikir yang apa yang kamu inginkan, sob, serta bagaimana cara merealisasikannya.

3. Meningkatkan kualitas kinerja

Setelah padatnya beraktivitas, perlunya sejenak menistirahatkan pikiran dan tubuh kita. Dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan, ringan, dan meningkatkan mood, sesuai yang kita inginkan. Seperti misalnya memasak dan mengkonsumsi makanan yang disukai, memanjakan diri sejenak dengan jalan-jalan untuk merubah sudut pandang baru, bermain game, melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan, dan lain sebagainya. Semua itu dilakukan sebagai bentuk apresiasi terhadap diri sendiri. Setelah happy, kinerja-pun akan bersemangat dan terbawa suasana positif.

4. Memahami diri sendiri

Dengan meluangkan waktu sendiri, terjalin dialog didalam diri, mengenal jati-diri kita, siapa kita, dan apa yang kita inginkan. Hal itu yang dapat membantu memudahkan untuk mengetahui kebutuhan diri, mengkoreksi diri untuk lebih baik lagi kedepannya.

5. Menjernihkan Pikiran

Saat melakukan ‘me time’, tinggalkan pikiran soal tugas-tugas, pekerjaan, dan bisnis sejenak. Fokus dan enjoy saja pada diri, acara travelling dan hobimu. Nikmatilah dengan tenang. Sehingga dengan itu kamu akan menemukan sudut pandang baru dan kepuasan tersendiri untuk jiwamu, dan pikiran akan fresh kembali.

6. Menggali potensi diri

Hobi merupakan hal yang kita sukai yang sudah menjadi bawaan yang sudah diberikan Tuhan kepada kita. Seseorang yang amat menyukai musik belum tentu ia menyukai memasak seperti ia mendalami musiknya. Dengan melakukan ‘me time‘ yakni melakukan berbagai hobi, kalian menjadi tau potensi dirimu. Misalnya kamu suka melakukan do it your self atau suka melakukan hal dibidang art, dan karya-karyamu itu bagus, dan banyak disukai. Kamu bisa memulai mencari peluang dan pasarnya. Setelah kamu dapat kepuasan bathin dalam melakukan hobimu kamu juga bisa menjadikan ladang bisnis juga.

Jadi, sudah mempertimbangkan untuk meluangkan waktu untuk ‘me time’? Setelah semangat dalam bekerja jangan lupa meluangkan waktu untuk ‘me time’ ya, sobat Inspires.

 

Tags: ,