3 Ciri Sahabat yang Sesugguhnya

Dipublikasikan: 7 November 2017
Oleh: Risaru
Kategori: Umum

ciri sahabat

“Sahabat bagaikan mutiara yang berasal dari laut yang paling dalam,” begitulah kata pepatah.  Sahabat adalah orang yang benar-benar “hadir” (pikirannya) ketika berada di dekatmu, memedulikanku dengan tulus (bukan hanya karena kesopanan) dan menerima bagaimanapun kondisi dan kepribadianmu. Pada masa kecil, pertemanan yang tulus lebih sering dijumpai dibandingkan ketika sudah dewasa (Anugrah, 2017). Sebagai orang dewasa, untuk menghadapi dunia hubungan antar manusia yang semakin pelik seiring dengan berjalannya masa perkembangan manusia, ada baiknya kita mengetahui mana yang sahabat dan mana yang bukan agar tidak salah dalam berintdak dan bersikap. Berikut adalah3 Ciri Sahabat yang Sesungguhnya:

1. Keberadaannya Dekat dan Selalu Mendukung

Sahabat adalah seseorang yang keberadaan benar-benar dekat dengan kita. Dia selalu ada dan siap ketika kita membutuhkan. Bahkan, apapunmasalah yang sedang dihadapi dan bagaimanapun keadaan kita, dia selalu siap mendukung kita tanpa pandang bulu.

2. Peduli dengan Tulus

Sahabat adalah orang yang benar-benar memedulikan kita secara tulus. Dia selalu menerima apapun kita rasakan dan kita pikirkan. Dia selalu memberi perhatian terhadap segala tingkah laku kita. Dia khawatir ketika “ada yang salah” dengan diri kita atau ketika kita sedang tidak dalam kondisi seperti biasanya. Bahkan, dia tidak akan berpikir dua kali untuk membantu kita dan menyediakan pundaknya untuk bersandar.

3. Menerima Apa Adanya

Sahabat adalah orang yang bisa menerima kita apa adanya. Dia tidak peduli apa masalah yang sedang kita hadapi, bagaimana keadaan kita, apa ras, suku, agama, dan ideaslime yang kita anut dalam kehidupan. Sahabat selalu menerima segala hal yang ada dalam diri kita tanpa pamrih. Meskipun adakalanya dia sering meledek kita, dia adalah orang di dunia ini yang paling menerima kita sebagai manusia yang utuh. Dia menerima kita dengan kepribadian, kondisi, latar belakang, dll yang ada dalam diri kita. 

Demikianlah 3 Ciri Dasar Sahabat yang Sesungguhnya. Jika orang yang selalu berada di dekatmu memiliki ciri-ciri sesuai dengan 3 ciri di atas, muliakanlah dia, cintailah dia, dan sayangilah dia sepenuh hati. Belum tentu akan ditemukan lagi orang sepertinya pada masa mendatang. Jika keberadaan kalian terpisah oleh jarak, sedapat mungkin jika ada waktu, temuilah dia, tetap jalin komunikasi dengan dia. Bahkan, ceritakanlah seluruh masalahmu kepada dia terlebih dahulu, sebelum kamu menceritakannya kepada orang lain karena dialah manusia di dunia ini yang paling mengerti dirimu. Adakah orang seperti itu dalam hidupmu? Pasti ada kan?

Bibliography

Anugrah, H. S. (2017, November 6). Perbandingan Pertemanan pada Masa Sekolah dan Kuliah. Diakses pada November 8, 2017, dari Inspirasi Malam: http://inspirasimalam.com/perbandingan-pertemanan-pada-masa-sekolah-dan-kuliah/

 

 

Tags: , , , , ,